CIO


Definisi Chief Information Officer 
(CIO)Istilah CEO (chief executive officer) telah lama dikenal dalam kosa kata bisnis;setiap orang tau bahwa CEO adalah orang yang memiliki pengaruh paling kuat dalam operasi perusahaan, dan umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewandireksi.
Istilah CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar suatu gelar. Istilah ini memiliki pengertian suatu peran yang seharusnya dilaksanakan oleh manajer jasa informasi tingkat puncak. Seperti dimaksudkan oleh konsep tersebut, chief information officer(CIO), adalah manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagai area lain dari operasi perusahaan.
Peran CIO
Munculnya tugas dan wewenang CIO di bidang strategis dan semakin meningkatnya peran tersebut. CIO harus mengenali pengaruh TIK terhadap organisasi, menentukanarah / strategi TIK yang menjamin adanya keselarasan antara strategi bisnis danstrategi TIK. Adapun peran CIO adalah sebagai berikut :


1. Antisipasi perubahan teknologi, market dan regulasi.Kemampuan mengenali perkembangan, potensi teknologi dan bisnis TIK dalamkonteks pemanfaatan peluang bagi organisasi dan transformasi organisasi danperlu menekankan kepada pelaku organisasi tentang pentingnya era web-basedservices dibandingkan kemajuan teknologinya sendiri CIO bertugas mengorganisasikan dan melindungi asset-aset TI perusahaan


2. Menentukan dan menjamin tatakelola TIK yang benar dan baik dalam organisasisehingga dinamika organisasi selalu menuju pada tujuannya.CIO bertugas sebagai visioner yang memimpin dan mengendalikan strategiperusahaaan.


3. Merumuskan visi dan misi;menterjemahkannya menjadi tujuan organisasi; kemudian menjalankan dan memimpin organisasi TIK untuk mencapai hasil-hasil sesuai visi, misi dan tujuanorganisasi


4. CIO menjadi leader dalam pengukuran dan pengembangan new computing.Mendemonstrasikan dan melakukan pengukuran nilai dari TIK, secara proaktifmengatur performansi berdasarkan hasil yang didapatkan.CIO bertugas untuk menjembatani Gagap teknologi


5. Mendistribusikan teknik baru hasil pengembangan, alat dan pendekatan yangdilakukan


Responsibilities/ Tanggung Jawab CIO


Di dalam buku “Information Systems Management in Practice”, Ralph Sprague


besertarekannya Barbara McNurlin menjabarkan bahwa setidaknya ada lima fungsi utamaCIO di sebuah perusahaan (Sprague et.al., 1993).


1.





Memahami Bisnis


Tugas pertama dan utama yang merupakan tanggung jawab eksekutif lain dalam jajaran direksi adalah mempelajari dan memahami secara menyeluruh danmendetail bisnis yang digeluti perusahaan. Kalau dahulu manajemen inti cukup


 


Responsibilities/ Tanggung Jawab CIO 
Di dalam buku “Information Systems Management in Practice”, Ralph Sprague


besertarekannya Barbara McNurlin menjabarkan bahwa setidaknya ada lima fungsi utama CIO di sebuah perusahaan (Sprague et.al., 1993).





1.Memahami Bisnis


Tugas pertama dan utama yang merupakan tanggung jawab eksekutif lain dalam jajaran direksi adalah mempelajari dan memahami secara menyeluruh dan mendetail bisnis yang digeluti perusahaan.


Persaingan yang begitu cepat dan lingkungan bisnis yang sangat dinamis mengharuskan eksekutif perusahaan untuk selalu memantau dan mempelajari aspek-aspek di luar perusahaan (eksternal) secara intens dan terus-menerus, terutama yang berkaitan dengan perilaku pasar (market) dan pelanggan.Setidak-tidaknya untuk dewasa ini ada tujuh cara yang terbukti efektif untuk mempelajari hal internal dan eksternal perusahaan.Ketujuh cara tersebut adalah:


a.    Memiliki armada SDM yang secara berkala mempelajari keadaan pasardan komponen eksternal lainnya;


b.    Mempelajari secara mendalam proses-proses penciptaan produk atau jasayang ditawarkan perusahaan;


c.    Mengundang bagian-bagian lain dalam perusahaan untuk berdiskusisecara berkala;


d.  Menghadiri seminar-seminar yang berhubungan dengan industri terkait;


e.  Membaca secara aktif publikasi-publikasi yang berkaitan dengan produk, jasa, dan industri dimana perusahaan yang bersangkutan berada;


f.  Menjadi anggota forum-forum bisnis maupun akademis terkait; dan


g.  Menjalin komunikasi aktif dan konsisten dengan para manajer liniperusahaan.





2.Membangun Citra Divisi


Tugas kedua yang menjadi tanggung jawab seorang CIO adalah membangun kredibitilitas direktorat sistem informasi yang dipimpinnya. Hal ini sangat penting mengingat banyak sekali karyawan yang menilai bahwa penggunaan sisteminformasi secara strategis merupakan ciri perusahaan di masa mendatang, bukansaat ini. Namun walau bagaimanapun juga, direktorat sistem informasi yang ada harus dapat membuktikan bahwa aktivitias-aktivitas yang dilakukan saat ini adalahmerupakan jalan atau jembatan menuju masa depan. Direktorat, departemen, ataudivisi sistem informasi (atau teknologi informasi) harus memiliki citra yang baik dimata fungsi-fungsi lain dalam perusahaan. Strategi yang paling efektif adalah dengan cara membantu para SDM di dalam perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya melalui utilisasi teknologi informasi, karena hal inilah yang merupakan misi utama dari keberadaan sistem informasi di perusahaan. Pemberian pendidikan dan pelatihan kepada para pengguna (users) sistem informasi, mulai dari staf sampai dengan manajer eksekutif, merupakan salah satu cara lain untukmeningkatkan citra divisi sistem informasi.





3.Meningkatkan Mutu Penggunaan Teknologi


Melihat bahwa keberadaan teknologi informasi ditujukan untuk meningkatkan kualitas kinerja SDM (employees empowerment), seorang CIO memiliki tugas untuk memasyarakatkan teknologi informasi agar dipergunakan secara aktif untuk para karyawan perusahaan. Selain pemberian program-program pelatihan (training)yang bersifat edukatif, diperlukan suatu strategi untuk membuat karyawan tertarik belajar lebih jauh dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.





4.Mencanangkan Visi Teknologi Informasi


 Tugas selanjutnya bagi seorang CIO adalah untuk menentukan visi perusahaan melalui pemanfaatan sistem informasi di masa mendatang. Seorang eksekutif senior yang baik, adalah yang selalu bersifat proaktif. Membantu perusahaan mencanangkan visinya di masa mendatang adalah salah satu contoh sikap proaktifyang harus dimasyarakatkan di kalangan perusahaan. Visi pemanfaatan sisteminformasi merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari visi perusahaan secara umum. Namun tugas CIO tidak hanya terbatas untuk merumuskan visi saja, namun yang bersangkutan harus dapat memasyarakatkan ide-ide yang ada ke seluruh jajaran manajemen dan staf (createa vision).





5.Pengembangan Sistem Informasi


 Misi terakhir dari seorang CIO tentu saja membuat semua hal yang ada di atas menjadi nyata, yaitu merencanakan dan mengembangkan arsitektur sisteminformasi perusahaan, yang terdiri dari komponen-komponen seperti software,hardware, brainware, proses dan prosedur, infrastruktur, standard, dan lainsebagainya. Secara berkesinambungan, seorang CIO harus dapat me-utilisasikansistem informasi yang dimiliki perusahaan saat ini secara optimum, sejalan denganrencana pengembangannya di masa mendatang. 

Sumber: http://id.scribd.com/doc/75823541/sistem-informasi-manajemen



0 komentar:

Posting Komentar